Solusi API Gateway di Indonesia

21 Maret 2017 0 comment

Digital Banking merupakan sebuah fenomena yang mulai masuk ke dunia perbankan. Tantangannya adalah bagaimana melakukan perbaikan terhadap proses perbankan yang berjalan saat ini, yang semula lebih ke bank centris menjadi customer sentris. Bank mulai menyadari potensi customer experience dan mulai menggarapnya secara serius.

Salah satu cara bank dalam memaksimalkan potensi menggarap customer experience adalah dengan memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi para pengarap kreatif diluar bank untuk menghasilkan solusi yang memanfaatkan produk perbankan.

Misalnya: transportasi berbasis emoney, fasilitas kesehatan berbasis prepaid, dan sebagainya.

Untuk menjaring potensi di "luar" institusi perbankan ini maka bank perlu membuka dirinya supaya produkya bisa diakses. Keterbukaan akses ini menjadi penting karena itu artinya memperpendek waktu yang dibutuhkan oleh developer (pengembang) pihak ke-3 dalam melakukan integrasi ke sistem bank. Namun keterbukaan akses ini perlu dilakukan dengan baik sehingga justru tidak menjadi bumerang untuk perbankan itu sendiri.

API Gateway merupakan jawaban bagi dilema ini.

Dengan API Gateway ini developer (pengembang) atau pihak komersial (retail maupun manufacturing) mempunyai akses ke perbankan dan ini akan membuka peluang bagi sistem mereka untuk terintegrasi dengan sistem perbankan.Contoh nyata dari integrasi ini adalah: situs ecommerce dapat memperkenalkan pembayaran melalui bank AAA - lewat debit, credit maupun prepaid dalam waktu 2 bulan saja. Hal ini juga didukung oleh kemampuan API juga mempersingkat waktu implementasi antara 2 sistem yang berbeda.

Gartner pada tahun 2016 merilis Magic Quadrant untuk API Gateway dibawah judul Magic Quadrant for Application Services Governance

 

 

Di Indonesia saat ini ada beberapa pemain API Gateway, beberapa diantaranya yang aktif adalah:

1. Axway API Gateway

Didistribusikan oleh PT SPS Indonesia dengan beberapa local partner di Indonesia, seperti:  PT Mastersystem Infotama (http://www.mastersystem.co.id).

Solusi Axway API Gateway merupakan solusi yang robus dan merupakan salah satu leader di Magic Quadrant.

2. Apigee API Gateway

Apigee API Gateway merupakan salah satu leader di magic quadrant dan dikatakan sebagai salah satu solusi API yang punya vision.

Di Indonesia Apigee dibawa oleh PT Fortius Solusi Informatika (http://www.fortius-si.co.id).

Solusi ini mempunyai banyak reference di insutri telekomunikasi.

3. IBM Bluemix

IBM Bluemix merupakan API dari IBM. Nama besar IBM tentunya menjamin solusi ini akan mempunyai dukungan dari perusahaan besar yang sudah sangat berpengalaman. Di Indonesia solusi Bluemix bisa didapat dari partner-partner IBM.

Reference: teknologibank.com

TRENDING


ADS


COMPANIES


0 COMMENTS


Tulis Komentar

teknologibank.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.