Solusi ATM Monitoring di Indonesia

11 September 2016 0 comment

Dengan begitu banyaknya jumlah ATM pada satu bank maka dibutuhkan sebuah tools untuk melakukan pengawasan dan monitoring sehingga ATM bisa dimanage dengan baik.

Untuk kemudahan diskusi ini sebenarnya setiap solusi ATM switching sudah dilengkapi dengan fungsi-fungsi dasar melakukan pengawasan/monitoring ATM, maka dalam artikel ini akan disebutkan solusi mana yang bundle mana yang dapat berdiri sendiri (stand alone)

Solusi ATM Monitoring juga diperluas dengan fungsi-fungsi lainnya sehingga ATM juga berinteraksi dengan perintah yang diberikan atau kebuutuhan dari Bank yang bersangkutan - oleh sebab itu maka fungsi ini juga dikenal dengan nama ATM Management. 

Fungsi-fungsi umum yang dimiliki oleh solusi ATM Monitoring atau ATM Management adalah:

1. Electronic Journal Centralization

Fungsi dimana solusi mampu melakukan penarikan EJ secara terpusat.

2. Remote Key Downloading

Fungsi dimana solusi mampu mentriger perubahan Terminal Master Key di ATM Tanpa perlu hadir onsite di tempat tersebut. Hal ini dbutuhkan sebagai persyaratan terhadap regulator seperti Visa/MasterCard atau Bank Indonesia

3. Software Distribution

Fungsi dimana solusi mampu men-deliver update software ke ATM secara remote tanpa perlu datang onsite ke ATM

4. ATM monitoring

Fungsi yang meliputi cash monitoring dan Monitoring Status ATM

 

Beberapa solusi yang umum digunakan untuk melakukan ATM Monitoring / ATM Management di Indonesia adalah: 

1. Wincor Nixdorf Proview

Solusi dari perusahaan Wincor Nixdorf (atau yang sekarang disebut dengan Diebold Nixdorf) untuk ATM Management merupakan solusi yang dapat berdiri sendiri dan tidak perlu mesti beli dengan switch (catatan: Wincor Nixdorf mempunyai ATM Sitching sendiri yang bernama PCE).

Solusi ini juga menandakan bahwa Wincor Nixdorf sebagai salah satu penyedia solusi di Indonesia mempunyai solusi yang lengkap untuk mendukung teknologi yang dibutuhkan oleh bank.

 

2. NCR Electronic Journal Management

Solusi ini merupakan solusi dari vendor ATM terkemuka di Indonesia: NCR. Solusi ini dapat berdiri sendiri dan tidak mesti terintegrasi dengan ATM Switching.

Solusi NCR disebut dengan NCR Aptra

 

3. FIS IST/Switch Monitoring System

FIS mempunyai switch ATM yang bernama IST/Switch. Fungsi ATM Management merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari switch ini. ATM Management FIS merupakan modul yang digunakan untuk pengawasan ATM dan tidak perlu menanamkan agent ke dalam ATM.

 

4. SDM

SDMS merupakan singkatan dari Software Distribution and Management System. Solusi ini berasal dari Malaysia dan fungsi utamanya adalah melakukan monitoring ATM. Solusi ini merupakan solusi yang berdiri sendiri.

SDMS Merupakan solusi yang berbasiskan agent, dimana agent SDMS perlu diinstal di ATM yang akan menjadi target pengawasan. Solusi SDMS terdiri dari 3 komponen: SDManager, SDClient dan SDAgent.

 

 

Reference: R&D TeknologiBank.com

TRENDING


ADS


COMPANIES


0 COMMENTS


Tulis Komentar

teknologibank.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.