Solusi ATM Testing di Indonesia

16 September 2015 0 comment

Fitur dan produk yang ditawarkan oleh setiap bank semakin beragam setiap hari dan semakin variatif. Pengelolaan fitur ini harus baik sehingga tidak tumpang tindih satu dengan yang lainnya. 

Sebelum produk diluncurkan ke masyarakat maka bank perlu melakukan pengujian / test. Pengujian ini dimaksudkan untuk mensimulasikan berbagai kondisi yang mungkin terjadi ketika produk tersebut diluncurkan ke masyarakat dan tercantum di ATM.

Untuk melakukan simulasi seperti ini maka proses yang dilakukan tidaklah mudah karena melibatkan sebuah mesin yang besar yang bernama ATM (Automatic Teller Machine) yang mempunyai bahasa dan cara pengoperasian yang tidak mudah.

Kerumitan semakin bertambah ketika bila bukan hanya internal bank saja yang terlibat salam pengujian itu tetapi juga melibatkan pihak ketiga. Biasanya pihak ketiga ini merupakan provider atau biller dari produk tersebut atau pihak yang akan mensertifikasi apakah produk tersebut layak untuk diluncurkan atau tidak, dalam bahasa bank go live atau tidak di production environment.

Selain fitur dari produk tersebut harus dapat dipastikan bekerja dengan baik secara fungsi di ATM maka fitur tersebut  perlu dilakukan uji kinerja (performance).

Dengan tingkat kerumitan yang tinggi seperti ini maka tidaklah mudah melakukan pengujian fitur-fitur baru ATM. Maka bank perlu sebuah solusi untuk dapat mensimulasikan kondisi ATM yang sebenarnya, mudah difungsikan dan mudah untuk digunakan.

Solusi ini juga harus mampu melakukan tes fungsi (fungsional test) dan tes kinerja (performance test).

Tidak banyak produk yang tersedia untuk melakukan solusi dan simulasi ATM.

Di Indonesia untuk ATM Testing atau Simulator ATM solusi yang umum digunakan adalah:

1. GFG Finsim

GFG Finsim atau sering disebut dengan FINsim saja dalah aplikasi berbasis client / server yang mendukung banyak pengguna (multiple users) dan banyak perangkat (multiple devices). Sebuah instance dari Finsim dirancang untuk mensimulasikan semua Perangkat yang terhubung ke ATM Switching / EFT Switch. Pengguna yang berbeda dapat mempergunakan perangkat yang berbeda (NDC ATM, Diebold ATM, Visa, MasterCard dan link ISO8583 dan sebagainya) pada waktu yang bersamaan.

Finsim dapat mensimulasikan komponen-komponen utama yang terlibat dalam pengujian ATM dan ATM Switching:

  • ATM (mensimulasikan NCR, Diebold dan Triton)
  • ATM State dan Screen yang baru (termasuk upload ke ATM Host)
  • ATM Screen Flow reporting
  • Perangkat Point of Sales (POS) / EDC
  • Mensimulasikan terminal host POS (switch) untuk sertifikasi terminal POS
  • ISO Interchange termasuk ISO8583, AS2805, Visa, Mastercard, American Express, Interac, China Union Pay, MEPS, dan sebagainya
  • XML Message Formatter
  • Enkripsi SSL
  • Integrasi dengan HP ALM (Quality Center)
  • Regression Testing terhadap semua transaksi yang masuk ke ATM Switching
  • Stress Test dan Capacity Testing

 

2. FIS Open Test Solution

Sebelumnya dikenal dengan nama Clear2Pay Test Solution merupakan solusi tes ATM yang ditawarkan oleh  perusahaan teknologi keuangan terbesar di dunia, FIS.

Modul-modul yang melengkapi solusi ini adalah: ATM TestLab — XFS Hardware Simulation and ATM Testing, ATM Simulator, ATM host Simulator, ATM developer.

Solusi in mendukung teknologi ATM terkini seperti CDM (Cash Deosit Machine) dan CRM (Cash Recycle Machine). Solusi ini juga dilengkapi dengan kebutuhan terhadap security sepertu 3DES dan EMV.

Jenus ATM yangd idukung oleh solusi ini juga sangat beragam terutama ATM dengan format message yang umum seperti NDC dan emulasi 912 seperti NCR Advance NDC, Diebold Agilis 91x/NDx dan varian Wincor Nixdorf ProCash NDC/DDC, juga protokol Triton dan Tidel.

Reference: teknologibank.com

TRENDING


ADS


COMPANIES


0 COMMENTS


Tulis Komentar

teknologibank.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.